Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Kemandirian Anak dengan Menyisir Rambut

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari kedua belas di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya mulai berlatih dengan anak kedua, Luthfan yang berusia 11 bulan. Untuk melatih kemandirian anak kali ini kami berlatih menyisir rambut sendiri.

Berlatih Menyisir Rambut

Kenapa harus menyisir rambut? Sepertinya menyisir rambut adalah hal yang biasa. Namun nyatanya hal ini membawa manfaat yang luar biasa untuk anak-anak, antara lain membuatnya rileks, merangsang sistem syaraf, membersihkan rambut, dan mengajarkan kerapian dalam berpenampilan.

Awalnya saya selalu melakukan kegiatan secara bersamaan yaitu setelah mandi saya selalu menyisir rambut kakaknya dan Luthfan. Lama kelamaan kakaknya ingin menyisir sendiri dan selalu berlari kemudian berdiri di depan cermin ketika menyisir rambutnya. Ternyata hal ini ditiru olehnya. Setelah mandi dan melihat sisir Luthfan pun merangkak ke depan cermin sambil membawa sisirnya, kemudian dia pun berdiri di sana sambil memainkan sisirnya ke rambut. Apakah dia menyisir rambutnya dengan benar? Jawabannya tentu tidak. Dia hanya memainkannya di atas rambutnya secara acak. Saya pun berkata, "MasyaAllah adik pinter bisa menyisir rambut sendiri."

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Luthfan langsung tanggap ketika melihat sisir atau mendengar kata menyisir rambut. Dia akan mengambil sisir tersebut dan berlari ke depan cermin. Setelah dia selesai bermain-main dengan sisirnya saya pun segera merapikan rambutnya.

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-12

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melatih Kemandirian Anak dengan Menyisir Rambut"