Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kaget Lihat Harga Tempe di Jerman

Assalamaualaikum. Apa kabar teman-teman semua? Sarapan apa kalian hari ini? Kalau saya sarapan tempe goreng lengkap dengan sayuran, sambel pecel, dan rempeyek. Rasanya tidak ada duanya deh makanan khas Jawa Timur yang satu ini. Apalagi kalau tempenya asli dari Jawa Timur, rasanya makin maknyus.

Dimana bisa membeli tempe di Jerman?

Berbicara tentang makanan yang murah dan sehat satu ini ternyata juga disukai oleh para wisatawan manca negara, oleh karena itu tempe kini juga mudah didapatkan di luar negeri khususnya Jerman. Selain itu banyaknya juga orang Indonesia yang ada di Jerman membuat beberapa pengusaha memberanikan diri untuk mengimpor tempe langsung dari Indonesia. Salah satunya di kota tempat saya tinggal yaitu Tübingen terdapat beberapa toko yang menjual tempe. Toko pertama yang saya jumpai yakni Hofladen Kilchberg yang terletak di Bahnhofstrasse nr.19 . Letak toko tersebut tidak jauh dari stasiun Tübingen, tepatnya di depan pemberhentian bus. Di Hofladen Kilchberg menjual jenis tempe yang Bio atau organik jadi harganya pasti lebih mahal daripada tempe pada umumnya. Toko yang kedua yakni Asien Haus atau toko Asia yang terletak di Schmiedtorstrasse nr.11. Kalau di toko Asia yang satu ini kalian bisa membeli jenis tempe yang biasa, bukan dari kedelai organik jadi harganya lebih murah dibandingkan di Hofladen Kilchberg.

Berapa harga tempe di Jerman?

Sebelum berbicara harga tempe di Jerman kita simak dahulu harga tempe di Indonesia. Ternyata di Indonesia sendiri harga tempe juga sangat beragam tergantung ukuran. Harga satu papan tempe di Indonesia berkisar antara 2000 - 8000 rupiah sesuai ukuran. Nah beda lagi kalau harga tempe di Jerman. Satu papan tempe dengan berat sekitar 400 gr dijual di toko Asia dibandrol dengan harga 1,99 Euro atau setara dengan 30 ribu rupiah. Berbeda lagi dengan tempe Bio di Hofladen Kilchberg yang beratnya 200 gr dibandrol dengan harga 3,69 Euro atau setara 55 ribu rupiah. Kebayang dong mahalnya harga tempe di Jerman. 

Source: Tempe

Selain tempe original, di Jerman juga menyediakan tempe dengan beberapa varian rasa seperti berikut

Source: Varian Tempe

Bagaimana teman-teman jadi berpikir dua kali atau tidak untuk makan tempe ketika di Jerman? Sesekali mungkin boleh ya untuk mengobati rasa rindu dengan tanah air tetapi kalau setiap hari bisa menguras kantong juga ini 😅. Jadi bersyukurlah kita yang ada di Indonesia karena bisa makan tempe setiap hari. Begitulah cerita singkat saya tentang tempe di Jerman. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Silakan tinggalkan pesan untuk komentar atau masukan untuk artikel apa yang ingin dibahas selanjutnya. Terima kasih


     

Post a Comment for "Kaget Lihat Harga Tempe di Jerman"