Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stimulasi Kemampuan Sensorik Anak 11 Bulan

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari ke-8 dalam zona 3 ini. Itu artinya hari pertama bermain dengan si kecil yang berumur 11 bulan. 

Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Hari ini saya dan anak kedua, Luthfan berlatih kemampuan sensorik. Saya memperkenalkan tekstur spaghetti untuk kali pertamanya kepada Luthfan. Saya merebus spaghetti dan memberinya sedikit garam. Setelah matang saya tiriskan dan letakkan ke dalam mangkuk. Spaghetti ini saya gunakan untuk mengasah sensorik anak karena mereka akan mencoba menggenggam, melempar, atau meremasnya. Apabila nantinya termakan pun juga aman untuknya.

Ketika saya memberikan spaghetti kepada Luthfan, dia langsung menggenggam dan memainkannya. Saya coba menyuapkannya ke mulut sembari mengucapkan makan, tetapi dia menolaknya.  Dia masih memainkannya hingga kurang lebih 25 menit. Setelah diremas, dia melemparkannya ke segala arah dan akhirnya dia mencoba memasukkannya ke dalam mulut. Dia mencoba memotong dengan gigi susunya dan menelan spaghetti tersebut.

Hasil Observasi Stimulasi Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Luthfan pada awalnya masih merasa aneh dan asing dengan tekstur spaghetti. Namun setelah dia mengenal teksturnya akhirnya dia memasukkan spaghetti tersebut ke dalam mulutnya. Tekstur spaghetti ini membutuhkan waktu yang lama untuk dimakannya daripada makanan jenis lainnya. Ketika saya mengenalkan tekstur makanan lain dia langsung memakannya. Saya harus lebih sering mengenalkan tekstur tersebut agar dia terbiasa.

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike-8

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Stimulasi Kemampuan Sensorik Anak 11 Bulan"