Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak 11 Bulan

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari ke-11 dalam zona 3 ini. 

Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Hari ini saya dan anak kedua, Luthfan berlatih kemampuan kognitif. Untuk melatih kemampuan kognitif sebenarnya banyak sekali caranya, dari hal yang sederhana setiap hari sampai yang harus sengaja kita buat. Setiap hari saya melatih si kecil dengan mengikuti suara yang dikeluarkannya dan bermain tutup mata. Hal ini mengajarkannya bahwa beberapa sikap akan mendapatkan reaksi tertentu.

Selain bermain hal tersebut dalam keseharian, hari ini kami berlatih dua hak. Pertama, yaitu dengan kancing mainan yang berwarna-warni dan memasukkannya ke dalam toples. Kancing ini memiliki suara yang cukup keras ketika dimasukkan dan warna yang beragam.

Kedua, yaitu dengan puzzle berwarna berukuran besar. Puzzle ini berwarna dan kami menyusunnya bersama. Dari latihan ini membuat si kecil lebih percaya diri dalam mempelajari dunia sekitarnya dan tahu bahwa kata-kata memiliki makna dan orang akan merespon suara yang dikeluarkannya.

Hasil Observasi Stimulasi Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, ketika bermain kancing Luthfan sangat senang karena kali pertama dia memainkannya. Dia menuang kemudian memasukkan kancing kembali ke dalam toples. Hal itu dia lakukan berulang kali.

Pada latihan puzzle berwarna berukuran besar pun dia sangat bersemangat. Ketika saya baru pertama memasangnya dia tertawa lebar kemudian merangkak bolak-balik di atas puzzle tersebut. Puzzle ini memiliki tekstur yang berbeda dari lantai biasanya jadi dia merasa ada hal yang baru.

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini


Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike-11

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak 11 Bulan"