Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Tanggung Jawab Anak Usia 6 Tahun

 Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah setelah melewati zona 3 dan belajar tentang tahap perkembangan anak kini saatnya masuk zona 4 dengan tema yang makin menantang. Kali ini tema yang disuguhkan yaitu tentang melatih kemandirian anak. Kami ditemani oleh fasilitator yaitu Mba Dyas Purnamasari. Kemandirian ini tentunya penting sekali untuk anak-anak kelak. Bismillah, semoga 14 hari ke depan bisa berlatih bersama dua buah hati.

Tanggung Jawab yang Dilatih Hari Ini

Hari ini saya berlatih bersama anak pertama, Hana yang berusia enam tahun. Kebetulan hari ini kami merencanakan untuk berlibur ke kampung halaman. Saya membagi tugas kepada Hana untuk menyiapkan kebutuhannya sendiri yang akan dibawa pulang. Dia mengemasi barang yang dia anggap perlu ke dalam tasnya. Dia juga yang bertugas membawa dan menjaga tasnya sendiri. Saya mengatakan kepadanya, ''Kakak, ini tanggung jawab kakak untuk menjaga tasnya ya."

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Hana bisa menjaga amanah dan bertanggung jawab atas apa yang diberikan. Dia membawa sendiri tasnya mulai dari rumah sampai di stasiun bahkan di kereta dia meletakkannya di samping tempat duduknya. Saya pun merasa lega ketika mengamanatkan sesuatu kepadanya dan dia bisa menjaganya dengan baik. 

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini


Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-1

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melatih Tanggung Jawab Anak Usia 6 Tahun"