Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Keadaan Diri Sendiri

Bismillahirrohmannirrohim

Alhamdulillah tidak terasa sudah satu pekan piknik bersama sobatualang dan hari ini masuk ke dalam tantangan hari ke 4. Hari ini kami harus menceritakan hal baik apa yang saya pelajari dalam satu pekan ini. Setelah itu kamu diminta untuk membuat surat untuk diri sendiri kemudian membaca surat yang telah kami buat di depan kaca.

Tantangan Zona 1 hari ke-4 - Kenali Keadaan Diri Sendiri

1. Hal baik apa yang aku pelajari dalam satu pekan ini

   Ketika berbicara hal baik sepertinya tidak akan cukup jika dituliskan dalam sepekan ini karena begitu banyak nikmat Allah yang diberikan kepada saya dan keluarga. Qodarullah minggu ini kami sekeluarga diberikan nikmat merasakan sakit, dari mulai anak pertama, anak kedua, saya, suami, dan kembali lagi ke anak kedua. Sepertinya akan terus berputar hingga kami benar-benar sembuh semua. Tetapi dibalik itu semua saya sadar bahwa jadi ibu itu memang harus kuat dan sabar, meski badan sudah sempoyongan tetapi harus tetap tersenyum di depan anak, harus tetap bahagia dan semangat dalam menjalani hari. Di awal sakit saya merasa sudah lemas dan tidak bersemangat dan mood juga sangat jelek, ternyata bayi mungil saya merasakannya dan dia juga rewel dan tidak nyaman. Ketika saya mencoba tenang alhamdulillah dia juga tenang. Saya mencoba menghela napas panjang dan menerima keadaan sakit. MasyaAllah benar-benar semua bisa teratasi. Suami juga ikut membantu menyelesaikan pekerjaan rumah yang ada.

Jadi saya belajar bahwasannya jadi ibu itu harus kalem dan jangan gampang marah atau moody karena perasaan itu meski tidak kita ucapkan akan dirasakan oleh anak dan lingkungan kita. Support system terbesar dalam keluarga kecil saya adalah suami, maka saya mencoba mengungkapkan apa yang saya rasakan dan bantuan apa yang saya butuhkan kepadanya. Alhamdulillah dia juga sigap membantu saya, jadi jangan hanya menyimpan sendiri dalam hati beban apa yang sedang kita rasakan. Saya hanya ingin mengucap syukur bahwa dengan sakit kami semakin dekat satu sama lain. 

2. Coba tuliskan surat untuk dirimu sendiri (darimu saat ini dan untukmu saat ini)

   Hai Eva, selamat kini kamu sudah menjadi istri dan ibu untuk kedua anakmu. Begitu panjang jalan yang sudah kamu lalui. Banyak pengorbanan yang sudah kamu lalukan. Jalanmu masih panjang, kamu harus masih terus berjuang. Jangan pernah menyerah akan suatu keadaan. Selama jantung masih berdetak maka berusahalah setiap hari. Jangan lupa mengucap syukur kepada Allah atas semua pencapaian yang sudah kamu dapatkan saat ini. Lihatlah masih banyak orang dibawahmu, tapi juga jangan cukup puas atas apa yang sudah kamu dapatkan saat ini. Istirahatlah jika kamu lelah dan bangkitlah kembali melanjutkan langkahmu. 

Setelah menuliskan surat tersebut dan membacanya membuat saya semakin kuat. Saya sekarang berbeda dengan saya yang dulu. Saya yang pemalu, saya yang suka mengeluh, saya yang tidak mandiri. Kini setelah menjadi ibu dan jauh dari keluarga membuat saya semakin kuat dan berusaha menyelesaikan semua masalah tanpa harus melibatkan keluarga besar di dalam keluarga kecil saya. Terima kasih Ya Allah atas amanah yang Engkau berikan kepada hamba ini. Semoga hamba bisa menjaganya dengan baik.

Eva N. - Regional Karawang

#tantanganzona1

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023


Post a Comment for "Kenali Keadaan Diri Sendiri"