Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siap Berkarya di Ibu Profesional

Bismillahirrohmannirrohim
Siap Berkarya di Ibu Profesional

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga pada zona terakhir di Matrikulasi Ibu Profesional. Saatnya untuk merencanakan karya apa yang akan kami buat kedepannya. Dalam jelajah zona dan selam minggu ini kami didampingi oleh tim Widyaiswara yakni Mbak Yayan Nurlian. Tema minggu ini cukup menarik karena kami harus menggali aktivitas apa yang kami suka dan tidak suka. Sebelumnya saya hanya menjalani apa yang saya sukai dan meninggalkan apa yang tidak saya sukai, tetapi ternyata itu semua dapat dikelompokkan dan digali bahkan diasah lebih dalam lagi. Inilah aktivitas yang saya rencanakan kedepannya agar mampu menghasilkan karya yang insyaAllah dapat bermanfaat bagi saya, keluarga, dan masyarakat luas pada umumnya.

Kuadran Aktivitas

Pada kuadran aktivitas ini dibagi menjadi empat bagian yakni suka dan bisa, suka tapi belum bisa, bisa tapi tidak suka, tidak bisa dan tidak suka. Berikut masing-masing penjabaran dari aktivitas yang saya lakukan.
Suka dan Bisa : Pada aktivitas suka dan bisa hal paling saya suka adalah menulis karena dengan menulis saya dapat mengalirkan rasa yang ada dalam hati dan pikiran. Kedua yakni berkebun karena dengan melihat tanaman yang tumbuh subur dan berbuah membuat saya bersemangat, apalagi ketika bangun tidur melihat pemandangan hijau di depan rumah membuat penat pikiran hilang sesaat. Aktivitas ketiga yakni dekorasi rumah dan bersih-bersih, mungkin hal yang satu ini terdengar melelahkan tapi dengan bersih-bersih dan mendekorasi rumah membuat saya senang dan pikiran juga tenang. Melihat semua peralatan rumah tertata rapi membuat mood saya dalam melakukan apapun meningkat menjadi 100%. Tapi justru hal ini yang menjadi tantangan bagi saya karena memiliki balita di rumah. Jadi harus pintar-pintar mencuri waktu ketika si kecil sedang istirahat atau beraktivitas di luar rumah.

Suka tapi Belum Bisa : Pada aktivitas kedua yang paling saya suka tetapi belum bisa atau ahli dibidangnya yakni fotografi dan editing. Kedua aktivitas tersebut menjadi satu kesatuan bagi saya karena saya sangat senang dalam hal fotografi kemudian mengedit hasil jepretan tersebut, meskipun sudah bisa dan sering saya lakukan tetapi rasanya masih kurang banyak ilmu dalam mengolahnya jadi hasilnya menurut saya masih standart dan belum maksimal. Aktivitas kedua yakni memasak dan baking. Pada dasarnya saya suka memasak dan baking apalagi melakukannya bersama dengan si kecil yang suka sekali kalau diajak ke dapur, tetapi terkadang rasanya masih berubah-ubah dan belum pas menurut saya jadi masih perlu banyak belajar. Aktivitas ketiga yakni membuat mainan edukasi anak, hal ini merupakan aktivitas yang menyenangkan apalagi setelah melakukannya, si kecil jadi lebih semangat dalam belajar dan kami pun semakin dekat.  Namun yang menjadi PR besar bagi saya adalah membuatnya sendiri, terkadang terbatasnya waktu membuat saya akhirnya membeli produk atau paket bermain edukasi, padahal hal tersebut sebenarnya dapat disiasati dengan membuatnya sendiri di rumah. Aktivitas yang terakhir yang saya suka namun belum bisa mengelolanya dengan baik yakni dalam hal sustainable living. Dimana hidup dengan minim sampah plastik, memanfaatkan barang sekali pakai, dan mengelola sampah rumah tangga yang masih jadi PR untuk saya dan keluarga.

Bisa tapi Tidak Suka : Dari berbagai aktivitas sehari-hari yang saya lakukan ada beberapa  yang saya bisa tetapi tidak suka, yang pertama yakni melipat baju. Entah kenapa melihat tumpukan baju ini tidak membuat saya segera merapikannya, rasanya malas sekali untuk mengerjakannya, andai saja ada robot pelipat baju pasti sudah memasangnya satu di rumah hehe. Hal kedua yakni memasang sprei, aktivitas yang satu ini juga menjadi PR besar bagi saya, belum lagi kalau sedikit-sedikit sudah berantakan lagi.
  
Tidak Bisa dan Tidak Suka : Aktivitas yang tidak bisa dan tidak suka saya lakukan adalah memelihara hewan piaraan. Meski si kecil sudah berulang kali menawarkan ingin memelihara hewan seperti kucing dan hamster, beberapa alasan selalu saya sampaikan untuk menolaknya. Sebenarnya hal ini tidak bagus namun kami sudah pernah mencoba untuk merawat beberapa hewan seperti ikan dan alhasil mati semua. Bagi saya memelihara hewan piaraan sangatlah besar tanggung jawabnya, jadi sangat disayangkan apabila hewan-hewan tersebut tidak terawat apalagi berakhir mati sia-sia.

Aktivitas yang Membuatku Bahagia dan Bersemangat dalam Mengerjakannya

Dari berbagai aktivitas yang paling membuat saya bahagia dan bersemangat dalam mengerjakannya adalah menulis dan berkebun. Alhamdulillah ketika melakukannya dengan bahagia dan semangat bisa menghasilkan dalam mengerjakannya. Beberapa tanaman yang saya tanam bisa tumbuh dengan subur, bisa mencangkok beberapa pohon tin, dan membuahkan mangga di dalam pot. Semua itu adalah kebahagian tersendiri bagi saya. Kedua yakni menulis, ketika saya bisa menulis sebuah artikel, puisi, atau hanya sekedar resep masakan sudah membuat saya bahagia. Apalagi ketika hasil karya tersebut ternyata bisa bermanfaat untuk orang lain, tentu saja membuat saya lebih semangat untuk terus menulis.   

Rencana Karya Produktifku

Jika harus merencanakan karya produktif tentu banyak sekali yang ada diangan-angan. Rasanya semua ingin dilakukan. Namun jika memang diberikan kesempatan saya ingin sekali bisa menerbitkan sebuah buku serta mendesain sendiri ilustrasinya.

Mimpi kedua ini entah bisa disebut sebagai karya atau bukan, namun saya ingin sekali memiliki rumah baca sendiri dimana anak-anak bebas bermain dan membaca buku di rumah baca tersebut. Rumba Sitas namanya, rumah baca asyik tanpa batas yang saya ingin dirikan sejak dahulu di kampung halaman saya. Untuk mengelola rumah baca tersebut para anggota bisa menyetorkan sampah plastik dan minyak jelantah jika ingin meminjam buku. Selebihnya uang dari hasil pengelolaan sampah dapat digunakan untuk pelatihan atau seminar para anggota. Semoga mimpi dan karya produktif tersebut bisa terealisasi. Aamiin.

Salam,
Eva Nurohmah – regional Karawang

#Zona4
#SiapBerkarya
#PenjelajahPelabuhanSamuderaAmarta
#Matrikulasi10
#InstitutIbuProfesional
#IbuprofesionalforIndonesia
#ip4d2022
#womenincooLABoration

Post a Comment for "Siap Berkarya di Ibu Profesional"