Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Au Pair? Kenali Lebih Dekat

 Assalamualaikum.

    Hallo teman-teman apa kabar semua? Semoga dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membahas lebih dalam artikel tentang Au Pair beberapa waktu yang lalu. Ternyata masih banyak juga yang belum tahu apa sih Au Pair itu sebenarnya? Banyak juga ternyata diantara kalian yang bertanya-tanya apa saja sebenarnya hak dan kewajiban sebagai Au Pair. Tanpa panjang lebar yuk simak rangkumannya berikut.


1. Apa itu Au Pair?

     Au Pair sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti balas jasa atau saling membantu.


2. Apa saja yang kita lakukan sebagai Au Pair?

     Ketika kita menjadi seorang Au Pair maka kita bersedia membantu keluarga atau host family dalam mengurus anak-anaknya dan kegiatan rumah tangga lainnya. Setiap Au Pair memiliki waktu kerja 30 jam dalam seminggu. Kita juga mendapatkan waktu libur di akhir pekan. Hemm...kalau dilihat jadi sama kayak pembantu rumah tangga ya? Eits, tapi jangan salah sangka dulu ya. Au Pair ini bukan pembantu rumah tangga atau baby sitter ya. Jadi kita di dalam keluarga tersebut posisinya sebagai anggota keluarga ya dan memiliki kedudukan yang sama dengan mereka. Kita juga berkesempatan untuk mengikuti kursus bahasa dan mengenal budaya di negara tersebut.
   Program Au Pair ini sering disebut sebagai program pertukaran budaya atau culture exchange programm. Jadi saya dulu banyak bertukar informasi dengan keluarga di Jerman, mulai dari kebiasaan sehari-hari, kebudayaan, atau kuliner. Bahkan kami juga sering berlibur bersama. Jadi bagi saya Au Pair itu seperti menemukan keluarga baru. Memiliki ayah dan ibu serta adik-adik. 


3. Apa saja yang didapatkan selama kita menjadi Au Pair?

     Nah, yang perlu teman-teman ketahui juga selama kita menjadi Au Pair pada sebuah keluarga maka mereka wajib membayar asuransi kesehatan kita, menyediakan tempat tinggal, makan kita setiap hari, dan memberikan uang saku setiap bulan. Besaran uang saku per bulan untuk Au Pair di Jerman adalah 260 Euro. Selain itu keluarga saya dulu juga menanggung biaya transportasi selama saya pergi ke tempat kursus bahasa Jerman, sedangkan untuk biaya kursus saya dulu membayarnya sendiri. Ada juga host family yang bersedia membayar semua biaya kursus Au Pairnya, tapi ini tidak wajib ya. 


4. Siapa saja yang bisa menjadi Au Pair?

     Salah satu hal yang terpenting yakni siapa saja yang bisa ikut program Au Pair ini. Jadi program Au Pair ini bisa diikuti oleh laki-laki atau perempuan yang berusia 18-30 tahun. Khusus untuk Au Pair di Jerman hanya bisa sampai usia maksimal 26 tahun. Jadi setiap negara ini mempunyai kebijakan masing-masing ya.
       Selain usia hal yang terpenting lainnya yaitu kalian belum menikah dan tidak boleh memiliki anak, harus memiliki kesehatan yang baik, dan wajib bisa bahasa Jerman minimal tingkat dasar (A1). Untuk negara selain Jerman pasti juga memiliki batasan untuk kemampuan berbasa asing yang harus dimiliki. Oh ya, rentang waktu sebagai Au Pair di sebuah negara minimal 3 bulan dan maksimal 12 bulan ya. Meskipun demikian jarang sekali ada keluarga yang menginginkan kalian tinggal hanya selama 3 bulan. Kebanyakan keluarga akan menawarkan kontrak selama satu tahun.

       Demikian gambaran singkat tentang Au Pair. Semoga bisa membantu kalian yang masih bingung tentang program Au Pair. Kalian bisa tinggalkan saran atau pertanyaan di kolom komentar ya. Terima kasih.

Post a Comment for "Apa itu Au Pair? Kenali Lebih Dekat"