Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Kemandirian Anak 11 Bulan dengan Menggosok Gigi Sendiri

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari kesebelas di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya mulai berlatih dengan anak kedua, Luthfan yang berusia 11 bulan. Untuk melatih kemandirian anak kali ini kami berlatih menggosok gigi sendiri.

Berlatih Menggosok Gigi

Sejak usia 10 bulan alhamdulillah gigi Luthfan sudah mulai tumbuh. Sampai sekarang masih awet 1 gigi bawahnya saja yang tumbuh, lainnya masih belum nampak Meskipun baru satu kami sudah mengenalkan konsep menggosok gigi sendiri. Saya membelikan sikat gigi dan lidah untuk bayi.

Saya menggosokkan giginya pagi dan sore bersamaan dengan jadwal mandi. Awalnya dia merasa aneh tapi lama kelamaan mengerti juga. Bahkan ketika saya megucap gosok gigi pun dia langsung membuka mulutnya. Saya pun mengucap, "Ayo adik bisa gosok gigi sendiri." Ia pun langsung memasukkan sikat tersebut ke dalam mulutnya. Apakah disikatkan dengan benar ke giginya? Tentu tidak, yang ada dia malah menggigit dan mengemutnya. Saya pun membiarkannya melakukan beberapa saat kemudian mengambilnya dan mengatakan. "Alhamdulillah, pinter sudah bisa gosok gigi sendiri."

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Luthfan merupakan anak yang tanggap. Untuk menggosok giginya dia langsung merespon dengan membuka mulutnya. Memang belum bisa sempurna, saya pun tetap melakukan yang pertama dan setelahnya baru membiarkannya melakukan sendiri. Semoga langkah kecil ini bisa membawa manfaat kemudian hari. 

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-11

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melatih Kemandirian Anak 11 Bulan dengan Menggosok Gigi Sendiri"