Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stimulasi Kemampuan Sosial Anak 11 Bulan

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari ke-10 dalam zona 3 ini. 

Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Hari ini saya dan anak kedua, Luthfan berlatih kemampuan sosial. Kemampuan yang satu ini wajib sekali dilatih sejak kecil karena kalau tidak akan berbuntut panjang. Bersosial merupakan kebutuhan dasar manusia, begitu juga bayi kecil yang berusia 11 bulan. Tinggal di komplek perumahan terkadang membatasi juga waktu bersosial dengan banyak orang, berbeda halnya dengan daerah pedesaan yang kita keluar rumah saja pasti banyak orang bersosialisasi. Oleh karena itu sebisa mungkin saya mengajak Luthfan untuk bertemu dengan banyak orang agar ia tidak menjadi anak yang penakut dan pemalu nantinya. Saya sering mengajaknya keluar rumah, pergi ke sekolah kakaknya, ke majelis taklim, ke tukang sayur, dan tempat umum lainnya.

Langkah kecil ini mungkin terlihat sederhana tetapi dari situlah seorang anak belajar mengamati kegiatan yang dilakukan orang lain, belajar mendengarkan kata-kata yang diucapkan orang lain, dan bagaimana cara mengekspresikan wajah kepada orang yang ditemuinya.

Hasil Observasi Stimulasi Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, sebelum saya sering mengajaknya keluar, Luthfan tergolong anak yang penakut. Namun sekarang dia sudah lebih berani, terlihat dari senyumnya, tidak takut lagi digendong orang lain, dan selalu mengajak keluar untuk bertemu banyak orang. Semoga langkah kecil untuk mengajaknya bersosialisasi bisa menjadikannya anak yang pemberani dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Aamiin. 

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini


Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike-10

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Stimulasi Kemampuan Sosial Anak 11 Bulan"