Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stimulasi Kemampuan Motorik Anak 11 Bulan

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari ke-12 dalam zona 3 ini. 

Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Hari ini saya dan anak kedua, Luthfan berlatih kemampuan motorik kasar. Kemampuan motorik yang satu ini sering saya latihkan karena saat ini adalah masa dimana dia akan belajar untuk berdiri sendiri secara tegak dan kemudian berjalan. Untuk melatih berdiri tegak diawali dengan berpegangan pada suatu benda yang kuat, kemudian saya meletakkan mainan yang mulanya ada di atas kemudian saya letakkan ke bawah. Dari sini dia berlatih untuk jongkok berdiri dan seterusnya. Hal ini melatih otot kakinya supaya lebih kuat untuk berdiri. Saya juga sering memberikan sesuatu yang menarik sehingga dia ingin meraihnya. Setelah sampai ditangannya biasanya saya akan melepaskan tangan saya dan dia bisa berdiri beberapa saat.

Selain berlatih berdiri tanpa berpegangan, Luthfan juga sudah mulai berjalan merambat. Dia berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan berpegangan. Hal ini merupakan langkah awalnya menuju berjalan. Saya memberikan mainan yang bisa dia dorong, tanpa dia sadari dia sudah dapat melangkah sedikit demi sedikit.

Hasil Observasi Stimulasi Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, untuk berdiri dengan tegak dia sudah mampu namun kadang dia masih merasa takut dan memilih duduk secara tiba-tiba. Untuk berjalan sendiri dia juga belum berani. Saya bahkan sudah menawarkan untuk menitahnya, namun dia belum berani. Semoga latihan yang sedikit demi sedikit ini dapat menguatkan kakinya dan memudahkannya untuk segera berjalan. Aamiin.

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini


Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike-12

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Stimulasi Kemampuan Motorik Anak 11 Bulan"