Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stimulasi Kemampuan Emosional Anak 11 Bulan

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari ke-13 dalam zona 3 ini. 

Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Hari ini saya dan anak kedua, Luthfan berlatih kemampuan emosional. Ketika mendengar kata emosional berasa aneh untuk usia bayi, namun itulah kenyataannya. Di usia Luthfan yang masih 11 bulan ini dia sangat aktif bergerak dan lebih rewel dari biasanya. Dia sudah bisa mengenal dan merasakan emosi orang lain. Untuk menyiasati ini saya dan suami harus banyak stok sabar dan tidak boleh terpancing olehnya karena apabila kami juga ikut marah maka dia akan menangis semakin kencang dan tidak terkendali.

Kami mempersiapkan 3 hal, yaitu pertama bermain. Saat Luthfan mulai rewel kami mengajaknya bermain sederhana seperti cilukba atau memainkan sesuatu yang dia sukai. Kedua yaitu mendengarkan lagu. Hal ini cukup efektif dan sering saya lakukan karena ketika Luthfan menangis dan saya putarkan lagu otomatis dia akan berhenti dan fokus ke sumber suara tersebut. Ketiga yaitu menggunakan sensory play. Untuk mainan yang satu ini sangat beragam dan banyak bentuknya. Saya sering menggunakan air untuk menenangkan Luthfan ketika menangis atau rewel. Ketika sudah bertemu dengan air maka dia akan tenang dan fokus bermain.

Hasil Observasi Stimulasi Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Luthfan menyukai ketiga hal tersebut dan dapat menenangkannya terutama saat menangis atau rewel. Intinya sebagai orang tua juga harus sabar ketika menemani bayi karena hal ini akan mempengaruhi emosional bayi tersebut. Ketika kita tenang maka bayi juga akan tenang, begitu juga sebaliknya.

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini


Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike-13

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Stimulasi Kemampuan Emosional Anak 11 Bulan"