Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Kemandirian Anak 6 Tahun dengan Mencoba Hal Baru

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari keempat di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya masih ditemani ananda Hana yang berusia enam tahun. Saya ingin melatih kemandiriannya dengan cara mencoba hal baru.

Belajar Memasak Bekal Kemandirian Untuk Anak Usia 6 Tahun

Hana sangat suka makan nasi berlaukkan telur, bukan direbus melainkan digoreng dan dicampurkan bumbu. Awalnya saya membuatkannya dan dia tinggal memakannya. Dia sangat suka dengan telur buatan saya. Melihat saya membuatnya di dapur akhirnya dia tertarik untuk bisa membuatnya sendiri. Saya pun memberikan kesempatan kepadanya untuk mengocok telur dan mencampur bahannya sendiri. Dia mengocok sangat lama hingga tidak ada gerindil tepung satu pun. Saya bertugas sebagai penggorengnya.

Setelah beberapa kali melihat saya menggoreng akhirnya timbul juga rasa penasarannya untuk memasukkan sendiri telur tersebut ke atas teflon. Saya pun membiarkannya dan tetap mengawasinya. Alhamdulillah dia pun kini sudah berani mematikan kompor sendiri. Kalimat ajaib yang saya gunakan untuknya adalah "Kakak hebat sudah bisa masak sendiri, tetap tenang dan jangan panik ya ketika di dapur."

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Hana selalu penasaran anak hal baru. Terkadang dia terlalu bersemangat dan akhirnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pernah suatu kali dia memegang penggorengan yang masih panas. Sempat panik juga melihat wajahnya, tapi saya berusaha tenang dan segera memberinya obat oles. Alhamdulillah hal ini tidak membuatnya untuk ke dapur lagi. Memang butuh usaha ekstra juga dalam mendampingi anak belajar memasak di dapur.

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini


Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-4

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melatih Kemandirian Anak 6 Tahun dengan Mencoba Hal Baru"