Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima Tips Sukses Menyusui

Kelahiran buah hati merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh seorang ibu. Setelah melewati proses persalinan yang mendebarkan kini saatnya bagi ibu untuk memasuki masa menyusui yang penuh dengan kebahagiaan dan juga tantangan. Pasti banyak cerita dibalik masa menyusui sang buah hati. Berikut ini ada lima tips buat moms untuk lancar dalam menyusui.

Bahagia

Kunci utama dalam sukses menyusui adalah bahagia karena apabila kita sedang banyak masalah atau pikiran maka produksi Air Susu Ibu (ASI) akan berpengaruh. Hal ini pernah saya alami ketika menyusui anak pertama. Dimana ketika awal melahirkan produksi ASI masih sedikit, timbul perasaan bersalah pada diri sendiri karena tidak dapat memenuhi kebutuhan ASI si kecil. Si kecil menangis karena lapar sedangkan ASI belum juga melimpah. Tekanan ini justru membuat ASI saya tidak keluar. Berbagai ASI booster sudah saya coba tapi ternyata tidak begitu berpengaruh. Jadi moms harus berpikir positif dan ciptakan perasaan bahagia itu ya agar ASI bisa melimpah.

Rutin Mengosongkan Payudara

Tips yang kedua adalah rajin mengosongkan payudara. Hal ini bisa moms lakukan dengan menyusui secara langsung / direct breastfeeding (dbf) atau dengan cara memompa ASI (pumping). Jadi menyusui itu istilahnya supply and demand. Semakin banyak dibutuhkan maka akan semakin banyak diproduksi oleh tubuh kita. Bagi moms yang aktif bekerja di luar rumah jangan lupa untuk sering pumping setiap dua jam sekali ya supaya produksi ASI tetap banyak. 

Penuhi Kebutuhan Makanan dan Air

Menyusui si kecil tentu moms perlu menyiapkan diri, salah satunya dengan makan dan minum yang cukup. Apalagi kalau si kecil lebih sering minta ASI pasti membuat moms cepat lapar juga kan. Nah pastikan asupan gizi moms juga terpenuhi ya. Jangan lupa juga banyak minum air putih supaya moms tetap sehat dan kuat juga dalam menyusui. Jangan lupa untuk membawa botol minum kemanapun ya moms karena kebutuhan air mineral untuk ibu menyusui lebih besar daripada biasanya. 

Istirahat yang Cukup

Dunia baru bagi si kecil adalah terlahir di dunia ini. Kebiasaan-kebiasaan baru juga pasti si kecil alami, salah satunya adalah penyesuaian waktu tidur. Nah ini pasti akan berpengaruh juga bagi moms dalam membersamai si kecil. Kurang istirahat di malam hari atau terlalu lelah di siang hari juga dapat mempengaruhi produksi ASI lho moms. Jadi pastikan istirahat yang cukup ya moms. Bagi tugas dengan suami atau orang terdekat untuk membantu kita ya moms karena pasca persalinan pasti juga membutuhkan banyak tenaga dalam merawat si kecil.

Konsumsi ASI booster (opsional)

Tips yang satu ini opsional ya moms. Jadi bisa dilakukan atau tidak. Pada beberapa orang ada ASI booster yang memengaruhi produksi ASI, namun banyak juga moms yang tidak merasakan manfaatnya. Kalau kata orang ASI booster itu seperti jodoh, cocok-cocokan ya moms. Menurut si A cocok belum tentu menurut si B juga cocok. Ada juga moms yang ASInya melimpah tanpa ASI booster. Intinya kembali ke poin satu yakni bahagia. Kalau kita bahagia banyak hormon yang bekerja sesuai  dengan fungsinya, salah satunya untuk memproduksi ASI ini.

Demikian tips agar sukses menyusui ya moms. Mungkin ada beberapa moms yang punya cerita dan pengalaman lain ketika menyusui. Boleh banget ya share di kolom komentar. Terima kasih.

Post a Comment for "Lima Tips Sukses Menyusui"