Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aliran Rasa di Samudera Amarta Ibu Profesional

                                                              Bismillahirrohmannirrohim

Alhamdulillah, tidak terasa akhirnya sampai juga di pekan aliran rasa. Setelah menyelesaikan pos tujuh yang cukup menantang kini saatnya istirahat sejenak untuk menikmati pemandangan bawah laut bersama dengan teman-teman matrikan. Minggu ini adalah minggu bahagia karena tidak ada agenda jelajah zona dan selam. Minggu ini kami dibebaskan untuk menyampaikan aliran rasa selama mengikuti matrikulasi batch 10. Inilah aliran rasa saya selama mengikuti matrikulasi.

Matrikulasi Batch 10 Institut Ibu Profesional

Setelah galau mencari komunitas yang klik dengan hati nurani akhirnya bertemu dengan Ibu Profesional. Tanpa berpikir panjang saya pun segera mendaftar, alhamdulillah akhirnya lulus dan diterima. Setelah menunggu beberapa minggu akhirnya bisa mengikuti orientasi awal yakni Foundation 11. Bertemu dengan banyak perempuan dari berbagai profesi memantik semangat saya. Pada saat foundation kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Saya satu kelompok dengan teman-teman yang memiliki pengalaman dari berbagai bidang, ada yang hebat dalam desain, ada yang hebat dalam public speaking, ada yang hebat dalam berbisnis dan masih banyak lainnya. Decak kagum bisa bergabung dalam Ibu Profesional, ternyata meskipun sudah pada hebat tetapi semangat belajarnya masih tinggi terutama dalam memperbaiki perannya sebagai perempuan, istri, dan juga ibu.

Saat itu saya sedang mengalami krisis percaya diri dan sempat insecure karena beralih peran dari ibu ranah publik ke ranah domestik. Berbagai masalah pada diri sendiri bermunculan dan memang Allah Maha Penyayang karena dipertemukan dengan Ibu Profesional di waktu yang tepat. Saya pun memutuskan untuk mengikuti Institut Ibu Profesional dan belum memilih komponen lainnya karena memang ingin fokus dalam memperbaiki diri terlebih dahulu. Setelah foundation 11 selesai saya harus menunggu kurang lebih enam bulan hingga akhirnya bisa mengikuti matrikulasi batch 10 ini.    

Aliran Rasa di Kapal Selam Samudera Amarta

Ketika pembukaan matrikulasi diumumkan rasa penasaran semakin tinggi, kira-kira seperti apa kuliah di Institut Ibu Profesional. Apakah akan lebih susah daripada perkuliahan di universitas sesungguhnya? Ternyata berbeda jauh dengan perkuliahan yang ada di universitas atau institut lainnya. Perkuliah di matrikulasi disajikan dalam bentuk gamifikasi. Kami dibagi dalam beberapa grup WhatsApp agar lebih mudah dikoordinir. Setiap hari Senin selalu ada agenda jelajah zona, hari Selasa ada agenda selam, dan hari Sabtu ada agenda teripang. Pada setiap pekannya kami ditemani oleh tim Widyaiswara dengan membawa oleh-oleh tema yang tentunya sangat menarik untuk dinikmati.

Penjelajahan dimulai pada 18 April dan akan berakhir pada pertengahan Juli mendatang. Peta perjalanan dibagi dalam empat zona yakni, Zona 1 Pelabuhan Pulau Harmoni, Zona 2 Pos Appetizer, Zona 3 Main Course, dan Zona 4 Free all side. MasyaAllah isi dalam sajian setiap zona benar-benar nikmat dan lezat. Semua hidangan sesuai dengan kebutuhan yang saya inginkan. Mulai dari misi menentukan bekal penjelajahan, misi membuat peta belajar yang sesuai dengan merdeka belajar, misi menemukan makna core value Ibu Profesional dalam peta belajar, misi pencarian makna Ibu Profesional kebanggaan keluarga, misi memaknai karakter moral Ibu Profesional, hingga misi memaknai piramida Ibu Profesional. Semua misi yang diberikan direfleksikan kembali kepada diri masing-masing. Jadi setiap individu tentu memiliki caranya masing-masing dalam menyampaikan rasa yang dialaminya saat ini.

Hal yang paling menarik ketika mengerjakan misi-misi ini adalah kami dipasangkan dengan seorang bestie yakni seorang partner sesama matrikan dari regional lain, sehingga kami bisa saling menyemangati dan bergandengan tangan dalam menyelesaikan setiap misi yang ada. Di dalam WA grup juga banyak teman-teman matrikan yang saling berbagi cerita dalam menyelesaikan misi-misinya. Jadi yang saya rasakan tidak pernah sendiri dan kesepian. Melihat jurnal dari teman-teman matrikan yang bagus dan detail semakin memantik semangat saya untuk menjadi lebih baik lagi.

Matrikan sendiri terdiri dari berbagai bidang dan profesi, sehingga kami bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman. Melalui matrikulasi juga saya menemukan teman yang satu hobi dalam bloging dan menulis. Saya jadi semangat kembali untuk lebih produktif. Padahal matrikulasi belum usai tetapi banyak sekali yang dapat saya gali dari sini. Saya juga semakin tercerahkan akan visi dan misi diri serta keluarga yang sebelumnya masih tidak terbayangkan. Melalui IP juga saya banyak belajar dan lebih melek teknologi.

Matrikulasi batch 10 ini diselenggarakan secara daring sehingga kami dapat berjumpa dengan ratusan perempuan hebat dari penjuru Indonesia, bahkan sampai manca negara. Meskipun kami belum pernah bertemu tetapi rasanya sudah dekat. Apalagi ketika diberikan kesempatan untuk berjumpa melalui zoom dalam satu room. Meskipun hanya diberikan waktu 45 menit rasanya sudah sangat senang dapat menyampaikan rasa yang dialami. Kami bisa lebih saling menguatkan. Benar memang kata pepatah bahwa kebersamaan membuat hal yang sedikit terasa sangat melimpah. Meskipun kami saling berjauhan namun dengan adanya tujuan dan semangat yang sama serta visi misi untuk menjadi lebih bermanfaat membuat kami terasa dekat.

Rasanya tidak cukup untuk menyampaikan aliran rasa ini dengan kata-kata. Semoga kami matrikan dari matrikulasi batch 10 ini dapat menuntaskan perjalanan hingga zona terakhir dan melanjutkan ke kelas-kelas berikutnya di Institut Ibu Profesional. Aamiin.

 

Salam,

Eva Nurohmah – regional Karawang

#PekanAliranRasa

#PenjelajahPelabuhanSamuderaAmarta

#Matrikulasi10

#InstitutIbuProfesional

#IbuprofesionalforIndonesia

#ip4d2022

#womenincooLABoration

2 comments for "Aliran Rasa di Samudera Amarta Ibu Profesional"


  1. Barokallah Bunda hebat. Semoga terus bisa konsisten menjaga semangat dalam bertumbuh di Institut Ibu Profesional. Saling mendoakan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa robbal 'alamiin. Terima kasih Mbak Milah. Saling menyemangati untuk terus maju ya mbak. Semoga Mba Milah juga selalu terjaga semangatnya.

      Delete