Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Langkah Au Pair ke Jerman GRATIS

 Assalamualaikum

Hallo teman-teman semua. Apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat semua ya. Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang Au Pair ke Jerman secara gratis alias tanpa bantuan agensi manapun. Mungkin diantara kalian lagi ada yang persiapan mau berangkat atau masih berencana mau daftar Au Pair. Yuk simak hal berikut apa saja yang perlu disiapkan.


1. Belajar Bahasa Jerman

    Hal ini sudah tidak usah ditanya lagi ya. Kalau kalian ingin Au Pair ke Jerman maka wajib hukumnya buat bisa bahasa Jerman. Kalau ingin Au Pair ke Inggris atau Perancis ya harus bisa bahasa asing sesuai dengan negara yang dituju. Untuk cara belajarnya kalian bisa belajar mandiri atau ikut kursus bahasa. Semakin rajin belajar maka semakin cepat kalian menguasai bahasa tersebut.

2. Ujian Bahasa Jerman

     Nah kalau kalian merasa sudah yakin belajarnya dan sudah sering latihan untuk ujian maka segera mendaftar ke Goethe Institut untuk mengikuti ujian bahasa Jerman. Sertifikat bahasa Jerman yang dibutuhkan untuk kalian yang ingin Au Pair ke Jerman cukup tingkat A1. Persiapkan belajar dengan matang ya karena sayang uangnya kalau ga lulus dan harus mengulang lagi.

3. Cari host family

     Hal yang tidak kalah penting untuk Au Pair tentunya mencari keluarga tempat kita tinggal di Jerman atau istilahnya host family. Berdasarkan pengalaman, saya dulu tidak pakai agen dan cukup cari keluarga melalui laman Aupairworld . Kalian bisa membuat profil kalian terlebih dahulu. Isi biodata diri kalian semenarik mungkin. Tambahkan informasi detail kalian dalam bahasa Jerman atau bahasa Inggris. Setelah profil dibuat kalian bisa sambil melamar ke beberapa keluarga yang menurut kalian cocok dengan kriteria kalian. Biasanya keluarga yang tertarik pada kalian akan meminta kontak seperti email atau nomor handphone untuk komunikasi lebih lanjut. Setelah semua sepakat maka akan berlanjut ke tahap berikutnya.

4. Pembuatan paspor dan visa

    Buat kalian yang belum punya paspor harus persiapan dari sekarang ya. Pembuatannya sekarang juga sudah gampang banget, tinggal booking via online dan datang untuk foto aja. Setelah paspor aman dikantong maka yang wajib diurus berikutnya adalah visa. Nah ketika kalian sudah deal dengan host family maka mereka akan mengirimkan beberapa kontrak dari aupairworld.com . Beberapa kontrak tersebut kalian baca dengan seksama ya karena harus ditandatangani dan dikirim ulang ke host family kalian. Nah salah satu surat tersebut juga akan kalian gunakan untuk pengajuan visa ke kedutaan Jerman. Cek laman kedutaan Jerman dan pastikan semua berkas yang dibutuhkan untuk pembuatan visa lengkap. Setelah itu datang langsung ke kedutaan Jerman. Biasanya akan ada proses wawancara juga oleh petugas. Tapi tenang wawancaranya singkat kok. Setelah proses ini selesai kalian tinggal tunggu aja visa kalian selesai. Biasanya memakan waktu kurang lebih 2 minggu.

5. Pesan Tiket ke Jerman

   Setelah visa kalian jadi segera hubungi host family kalian ya. Biar mereka juga siap-siap kalau kalian akan segera terbang ke Jerman. Duh yang ini bikin deg-degan. Untuk pemesanan tiket ini dulu saya minta dipesankan host family, jadi mereka yang bayar dan dipotong nantinya dengan uang saku saya tiap bulan. Kalau ini negosiasi dulu sama host family ya. Kebetulan host family saya baik jadi mereka mau. Nah kalau misal host family kalian tidak berkenan maka kalian harus membayar sendiri untuk tiket keberangkatan ke Jerman.

6. Persiapan dan Terbang ke Jerman

    Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Nah kalau tiket sudah aman tentunya sudah mendekati waktu keberangkatan ya. Pastikan barang bawaan aman ya. Saran saya jangan bawa barang terlalu banyak karena bisa melebihi batas maksimal koper. Cukup bawa barang seperlunya saja. Jangan lupa tukarkan beberapa rupiah kalian ke euro ya karena bakalan kepake banget ketika kalian udah sampai Jerman dan belum dapat uang saku di awal bulan dari host family kalian. Hal yang tak kalah penting adalah pastikan musim ketika kalian tiba di Jerman. Jangan sampai kalian pakai kaos dan pas tiba di sana musim dingin 😂. Ga lucu lah ya kalau salah kostum juga. Kalau semua perlengkapan sudah lengkap saatnya berangkat. Jangan lupa minta doa restu kedua orang tua ya sebelum berangkat. Siapkan semua rindu jadi satu karena bakalan lama ga ketemu 😁. 

     Nah itu tadi enam langkah yang wajib kalian persiapkan dari sekarang buat yang mau Au Pair ke Jerman. Tidak ada hal yang sulit ketika kalian mau berusaha. Jangan lupa bertanya agar tidak tersesat di jalan. Sekian teman-teman sharing saya seputar Au Pair ke Jerman. Semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar untuk pertanyaan dan request artikel selanjutnya 😊

Wassalamualaikum

Post a Comment for "6 Langkah Au Pair ke Jerman GRATIS"