Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenali Bakat Anak 6 Tahun Melalui Kegiatan Menyampul Buku

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari keempat. Kali ini saya masih ditemani oleh anak saya yang berusia 6 tahun. 

Cerita Aktivitas Bermain Bersama pada hari ini

Hari ini saya mengajak Hanah untuk mempersiapkan kebutuhannya menjelang masuk pertama Sekolah Dasar. Salah satu yang kami lakukan adalah menyampuli buku tulis. Ini adalah hal pertama yang dia lakukan sepanjang usianya. Awalnya dia hanya melihat saya melakukannya, kemudian dia mulai tertarik dan ingin mencobanya sendiri. Saya pun memperbolehkannya untuk belajar menyampul sendiri. Saat melipat awalnya dia sedikit kesusahan, kemudian saya memberikan arahan dan dia mengamati dengan seksama hingga akhirnya dia bisa menyelesaikan menyampul satu buku.

Setelah berhasil menyelesaikan satu buku dia pun ketagihan ingin menyampul kembali dan hasilnya lama kelamaan semakin rapi. Buku yang kami sampul cukup banyak, setelah beberapa buku dia hasilkan akhirnya dia merasa lelah dan ingin istirahat. Saya pun masih melanjutkan menyampul sisa buku yang ada. Selama istirahat menyampul dia membolak balikkan buku tersebut kemudian membaca tulisan yang ada di belakang sampul. Dia membaca pancasila beserta semua silanya kemudian mencoba menghafalkannya. Setelah semua buku selesai disampul dia segera membereskannya dan menghitung buku tersebut untuk memastikan jumlahnya sudah sesuai dengan ketentuan. Dia membawa buku-buku tersebut dengan sangat hati-hati.      

Respon anak saat bermain hari ini

Ketika diajak menyiapkan kebutuhan sekolahnya Hanah sangat bersemangat karena ini merupakan kali pertama dia akan masuk Sekolah Dasar. Semua sudah dia siapkan jauh-jauh hari. Hanah sudah tidak sabar, bahkan ketika saya masih sibuk dengan hal lain dia sudah menagih untuk segera menyampuli buku-bukunya. Meski dalam prosesnya dia tidak menyelesaikan semuanya namun dia sudah mau mencoba hal baru dan tetap setia menunggu hingga semua buku selesai baru setelahnya beristirahat. Hanah bukan tipe anak yang perfeksionis, jadi ketika terdapat beberapa hasil sampulannya yang kurang rapi bahkan ada yang sedikit sobek dia tidak mempermasalahkannya.

Bakat yang terlihat

Melalui kegiatan menyampul hari ini bakat yang terlihat adalah

1. achiever pekerja keras⭐⭐, aktif, target tinggi, tidak pernah puas, tidak bisa menganggur selalu ada saja yang dia kerjakan dalam mengisi waktunya.

2. learner pembelajar⭐⭐, suka sekali mempelajari sesuatu terutama hal hal yang baru.

3. responsibility bertanggung jawab ⭐⭐⭐, mengerjakan sesuai dengan apa yang dijanjikan karena baginya menepati janji adalah menyangkut harga dirinya. 

Keterangan bintang:

Enjoy ⭐

Easy  ⭐⭐

Excellent ⭐⭐

Earn ⭐⭐

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona5

#semuaanakadalahbintang

#harike-4

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Mengenali Bakat Anak 6 Tahun Melalui Kegiatan Menyampul Buku"