Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melihat Bakat Anak 6 Tahun Melalui Kegiatan Memasak

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah setelah melewati zona 4 dan belajar tentang melatih kemandirian anak kini saatnya masuk zona 5 yaitu tentang semua anak adalah bintang. MasyaAllah kalimatnya sungguh indah dan bijaksana. Mengucapkannya membuat saya semakin yakin bahwa anak adalah anugerah yang sangat luar biasa dari Sang Pencipta dan mereka memiliki kelebihan masing-masing. Kali ini kami ditemani oleh fasilitator Mba Rima Melanie. Dalam proses penemuan bakat anak anak kali ini, saya mencoba untuk memperkaya wawasan dan kegiatan bersama anak anak. Bismillah, semoga 14 hari ke depan bisa berlatih bersama buah hati tercinta. Hari ini saya mulai berlatih dengan anak pertama yang berusia 6 tahun.

Cerita Aktivitas Bermain Bersama pada hari ini

Hari ini saya mengajak Hanah untuk memasak di dapur. Saya memintanya untuk memotong kangkung dan kacang panjang. Dia bersemangat sekali untuk membantu. Setelah beberapa waktu membantu dia mulai mengatakan lelah, jadi pekerjaannya belum selesai semua tetapi sudah hampir sembilan puluh persen selesai. Selanjutnya saya menyiapkan adonan untuk membuat tahu isi dan saya memintanya untuk memasukkan isian ke dalam tahu dan mengaduk adonan tepung. Hanah langsung bergegas ketika harus mengaduk tepung, dia membayangkan sedang mengaduk cairan slime. Dia mengaduk pelan pelan sampai tepung tersebut tercampur rata dan selesai. Setelah semua tugasnya selesai dia kembali melanjutkan aktivitasnya bermain lainnya.  

Respon anak saat bermain hari ini

Ketika diajak memasak respon Hanah sangat senang, dia selalu menanyakan apa yang bisa dia kerjakan. Namun ada beberapa bagian yang dia sukai dan ada beberapa bagian yang kurang dia sukai ketika memasak. Hanah kurang suka melakukan pekerjaan yang terlalu lama, misalnya memetik kangkung yang lumayan banyak hari ini. Dia cepat bosan dan selalu ingin berganti melakukan hal lainnya.

Bakat yang terlihat

Melalui kegiatan memasak hari ini bakat yang terlihat adalah:

1. activator, ⭐⭐ tidak sabar menunggu ingin segera bertindak.

2. communication, ⭐⭐suka menyampaikan idenya, pikirannya dengan cara yang mudah.

3. ideation⭐⭐⭐ selalu memiliki ide-ide baru.

Keterangan

Enjoy ⭐

Easy  ⭐⭐

Excellent ⭐⭐

Earn ⭐⭐

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona5

#semuaanakadalahbintang

#harike-1

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melihat Bakat Anak 6 Tahun Melalui Kegiatan Memasak"