Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Kemandirian Anak dengan Membuang Sampah

 Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari keempatbelas di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya mulai berlatih dengan anak kedua, Luthfan yang berusia 11 bulan. Untuk melatih kemandirian anak kali ini saya mengajaknya berlatih dalam membuang sampah sendiri.

Membuang Sampah Melatih Kemandirian Anak

Hari ini saya mengajak Luthfan makan kue yang kebetulan ada sisa sampah kertas setelahnya. Setelah habis saya mengajaknya untuk membuang sampah tersebut secara bersama-sama. Saya mengatakan kepadanya, "Habis ya dek, buang ke tempat sampah." Sambil menunjuk ke arah tempat sampah saya membiarkannya merangkak ke arah tempat sampah dan meletakkan bersama sampah tersebut.

Setelah membuang sampah bersama saya segera menggendongnya karena apabila tidak dia akan dengan cepat mengeluarkan kembali semua isi dari tempat sampah tersebut. Baginya tempat sampah merupakan mainan yang menarik sekali. 

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Luthfan mengerti apa yang saya ucapkan. Ketika habis maka dia akan segera menuju tempat sampah. Hal yang masih menjadi PR bagi saya adalah belum bisa melepaskannya sendiri untuk membuang sampah karena tempat sampah adalah sumber kotoran sedangkan Luthfan sangat senag memainkannya.

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-14

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melatih Kemandirian Anak dengan Membuang Sampah"