Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menabung Salah Satu Cara Melatih Kemandirian Anak

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari kelima di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya masih ditemani ananda Hana yang berusia enam tahun. Saya ingin melatih kemandiriannya dengan cara berlatih menabung dan mencatatnya.

Belajar Menabung Untuk Anak 6 Tahun

Hana sudah mengenal menabung sejak kecil namun baru serius ingin menabung di usia 6 tahun ini. Kebiasaan Hana setelah memasukkan uang ke dalam celengan adalah selalu penasaran ingin menghitungnya. Jadi baru seminggu dia sudah penasaran berapa jumlah uangnya. Akhirnya untuk menyiasati hal ini kami membuat buku tabungan sendiri. Setiap kali Hana memiliki uang lebih dia memasukkannya ke dalam celengannya. Hana memiliki dua buah celengan, satu untuk uang koin dan satu untuk uang kertas.

Ketika melihat jumlah uangnya dia selalu tergoda untuk membelikannya mainan yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Saya pun selalu berpesan. "Kak, belanjakan uangmu untuk sesuatu yang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan." Dia pun akhirnya mengurungkan niatnya untuk membeli mainan yang tidak penting. Hasil sebagian uang tabungannya kemarin akhirnya dibelanjakan tas sekolah dan peralatannya, mengingat dia akan masuk Sekolah Dasar (SD).

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Hana semangat dalam menabung terlebih ketika ia menginginkan sesuatu. Dia akan semangat sekali mengumpulkan uangnya. Setiap ia mendapatkan uang atau memiliki uang lebih ia selalu memasukkannya.

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-5

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Menabung Salah Satu Cara Melatih Kemandirian Anak"