Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berlatih Mandiri dengan Merapikan Barang Sendiri

 Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari ketujuh di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya masih ditemani ananda Hana yang berusia enam tahun. Kami berlatih kemandirian dengan meletakkan barang yang sudah dipakai kembali pada tempatnya. 

Mandiri dengan Merapikan Barang Sendiri

"Ma, bukuku dimana?"

"Kak, tolong handuknya dong diletakkan lagi di tempatnya!"

Rasanya kalimat-kalimat itu akan terus berulang jika tidak segera disudahi. Merapikan barang sendiri memang tidak mudah untuk anak-anak usia 6 tahun tetapi ini harus dibiasakan. Awalnya memang sulit karena saya selalu menyiapkan dan merapikan semua barang-barang Hana. Setelah memiliki adik rasanya merapikan juga menjadi PR besar bagi saya. Coba ya saya terapkan sejak dulu kepada Hana untuk merapikan barangnya sendiri lebih ketat jadi sekarang sudah terbiasa. Mungkin agak telat memulainya namun tidak ada kata terlambat.

Kami bersepakat untuk merapikan barang masing-masing setelah selesai menggunakannya. Tugas Hana setelah belajar adalah meletakkan buku-buku di tempatnya kembali, sehingga ketika akan memakainya lagi tidak kebingungan mencarinya. Setelah mandi, Hana juga harus merapikan handuknya sendiri. Apabila tugas tersebut dia lupakan maka akan mendapat sanksi yaitu membaca satu surat pendek yang saya sebutkan. Bismillah, semoga langkah kecil kami bisa berbuah manis. Kata ajaib yang saya katakan kepada Hana adalah "Rapikan barangmu jika tidak ingin dimiliki orang lain."

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Hana mulai disiplin dalam meletakkan barang-barang pribadinya terutama setelah ia pakai karena beberapa kali dia kehilangan barangnya. Saya juga sering menegurnya apabila melihat barangnya masih ada yang berserakan. 

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-7

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Berlatih Mandiri dengan Merapikan Barang Sendiri"