Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stimulasi Motorik Anak 6 Tahun

Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillah setelah melewati zona 2 yang semakin menantang kini masuk ke zona 3 yang semakin menarik. Kali ini kami belajar tentang perkembangan anak. Materi ini sangat saya butuhkan terutama untuk mendampingi tumbuh kembang anak anak. Zona 3 ini kami didampingi oleh fasilitator Mba Ardaniya Rizka. Pada kesempatan kali ini kami diminta untuk membuat rencana stimulasi untuk 14 hari ke depan. Stimulasi ini tentu saja diterapkan kepada buah hati. Saya berencana untuk membagi stimulasi menjadi dua bagian karena saya memiliki dua buah hati. Hari pertama sampai ketujuh akan saya terapkan kepada anak pertama dan hari kedelapan sampai 14 akan saya lanjutkan dengan anak kedua.

Daftar Rencana Stimulasi Selama 7 Hari

Stimulasi Perkembangan Anak 6 tahun

Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Hari ini saya dan anak pertama, Hana berlatih tahap perkembangan motorik. Dalam tahap ini ada dua aspek yang kami latih yaitu motorik halus dan motorik kasar. Kebetulan hari ini adalah jadwal renang Hana jadi saya mengantarnya untuk pergi ke kolam renang. Di sana sudah ada pelatih yang membimbing Hana. Latihan dimulai dengan peregangan, berlari, kemudian baru berenang. Hana menghabiskan waktu selama 1,5 jam untuk berlatih. Sepulang berenang kami makan bersama. Alhamdulillah setelah berenang Hana makan dengan sangat lahap. Setelah kami makan bersama kami salat maghrib berjamaah. Sembari menunggu waktu salat isya Hana membuat sebuah gambar yang nantinya akan ia berikan kepada ibu gurunya di sekolah sebagai kenang-kenangan ketika perpisahan. Ia membuat sketsanya terlebih dahulu sebelum akhirnya diwarnai. Hana melakukannya dengan sangat gembira. Setelah isya Hana sudah pergi tidur.

Hasil Observasi Stimulasi Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Hana saat berlatih motorik kasar bersemangat ketika ada teman sebayanya. Dia kuat mulai dari berlari sampai berenang selesai. Berbeda ketika latihan sebelumnya, dia tidak begitu bersemangat karena teman sebayanya absen tidak ikut latihan. Untuk motorik halus Hana mengalami banyak kemajuan, hal tersebut terlihat dari gambar yang dia buat. Kini Hana juga tidak mengeluh apabila harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggambar, berbeda dengan sebelumnya yang sering mengeluh lelah ketika harus lama menggambar atau mewarnai. 

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Dokumentasi Stimulasi Motorik

Eva N. - Regional Karawang

#tantanganzona3
#tahapperkembangananak
#harike-1
#bundasayang8
#institutibuprofesional
#ibuprofesionaluntukindonesia
#bersinergijadiinspirasi
#ip4id2023

Post a Comment for "Stimulasi Motorik Anak 6 Tahun"