Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komunikasi Produktif Hari ke- 8

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari kedelapan di zona 2 ini. Setelah berlatih dengan suami kini saatnya berlatih dengan anak anak. 

Partner berlatih komunikasi produktif hari ini

Hari ini saya berlatih dengan anak pertama saya yang berusia enam tahun. 

Poin komunikasi produktif yang saya latih hari ini

Hari ini saya melatih active listening. Saya ingin berlatih mendengarkannya dengan lebih baik karena jujur semenjak memiliki anak kedua yang saat ini masih bayi, saya sering mendengarkan cerita anak pertama dengan sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Kini saya bertekad untuk hadir sepenuhnya di depannya dan menyimak apa yang diungkapkannya. Hari ini dia mengungkapkan hal yang membuat saya terenyuh. Beginilah obrolan kami

"Mama kok hari ini mama baiiik banget sama aku."

Saya pun membalas ucapannya, "memang kemarin kemarin mama tidak baik ke kakak?"

Dia pun menjawab, "ya baik sih meski kadang suka marah marah."

Saya kembali menjawabnya, "maafin mama ya kak. Boleh ga mama berubah jadi mama yang baik buat kakak, tapi kakak juga harus janji jadi anak yang baik."

Dia pun mengangguk dengan wajah yang sangat bahagia.

Kesimpulan dari hasil latihan hari ini

Dari latihan komunikasi produktif hari ini saya belajar bahwa dengan mendengarkannya dengan baik dia merasa senang dan dihargai. Dia pun menjadi semangat bercerita tentang pengalaman yang dilakukannya di hari itu. Hal yang ingin saya perbaiki untuk latihan besok adalah dalam hal KISS (keep information short and simple) karena jujur hal ini sangat sulit diterapkan terutama ketika dia melakukan sebuah kesalahan dan saya harus memberikannya nasihat maka rasanya semua kata kata ingin diungkapkan. 

Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona2

#harike-8

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Komunikasi Produktif Hari ke- 8"