Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Kemandirian Anak Usia 11 Bulan dengan Makan Sendiri

 Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari kedelapan di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya mulai berlatih dengan anak kedua, Luthfan yang berusia 11 bulan. Untuk melatih kemandirian anak kali ini kami berlatih dengan makan sendiri. 

Makan Sendiri Melatih Kemandirian Anak

Usia 11 bulan merupakan pencapaian yang luar biasa bagi saya sebagai orang tua. Bisa mendampingi pertumbuhannya membuat saya tenang. Belajar dari pengalaman merawat anak pertama, kali ini kami sebagai orang tua ingin melatih kemandirian anak sejak dini yang sesuai dengan usia tentunya. Salah satu hal yang kami ajarkan adalah melatih kemampuannya dalam makan.

Sejak usia 6 bulan Luthfan sudah belajar makan. Saya meletakkan makanan di depannya dan menyuainya. Dari mulai pasrah menelan, berontak, hingga menjatuhkan mangkuk sudah dia lakukan. Saya juga memberi kesempatan kepadanya untuk makan sendiri dengan tetap mengawasinya. Alhamdulillah perlahan dia mengenal konsep makan dan memasukkan makanan ke mulutnya sendiri. Meski memang membutuhkan tenaga ekstra ketika memutuskan si kecil untuk makan sendiri karena pasti akan berserakan kemana mana. Saya mengatakan kepadanya Ayo adek pinter, belajar makan sendiri ya.

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Luthfan mulai mengenal konsep makan dan bisa memasukkan makanan sendiri ke dalam mulutnya. Dia sering meremas remas makanannya baru kemudian memasukkannya ke dalam mulut. Saya amati waktu makannya paling efektif di awal awal, setelah lebih dari 15 menit biasanya dia akan memainkannya saja. Itu pertanda dia sudah kenyang atau bosan duduk di kursinya. Selama dia belajar makan sendiri saya juga tetap menyuapinya sedikit demi sedikit karena beberapa makanan yang dia masukkan ada yang terjatuh. Intinya memang harus sabar dalam menemaninya. Semoga bisa terus menemani perkembangan si kecil. 

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-8

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melatih Kemandirian Anak Usia 11 Bulan dengan Makan Sendiri"