Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Kemandirian Anak dengan Mengatur Waktu Bermain

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini masuk tantangan hari keenam di zona 4 ini dengan tema yang masih berkutat dengan melatih kemandirian anak. Hari ini saya masih ditemani ananda Hana yang berusia enam tahun. Saya ingin melatih kemandiriannya dengan disiplin waktu.

Mandiri dengan Mengatur Waktu Bermain Sendiri

Liburan kali ini kami berlibur ke rumah nenek. Setelah sekian lama tidak bertemu dengan sepupu-sepupunya pasti membuatnya rindu dan ingin menghabiskan waktu bermain bersama. Terkadang Hana suka lupa waktu, harusnya dia sudah pulang untuk makan siang dan istirahat namun tidak segera pulang juga. Saat saya memintanya pulang dia mencoba mengulur waktu sampai sore dan bolos mengaji. Saya pun membujuknya pulang dan akhirnya dia mau.

Sesampainya di rumah saya mencoba berbicara dengannya pentingnya disiplin waktu. Kami pun bersepakat untuk membatasi waktu bermain agar kegiatan lainnya tetap teratur. Saya mengatakan kepada Hana bahwa "Salah satu kunci orang sukses adalah disiplin waktu." Akhirnya Hana pun pulang sendiri di waktu yang sudah kami tetapkan.

Hasil Latihan Hari Ini

Dari observasi yang saya amati, Hana mulai disiplin dan tahu kapan waktu dia harus mengerjakan tugas berikutnya. Meskipun pada awalnya dia sempat marah karena waktu bermainnya dibatasi, namun akhirnya dia mengerti juga. Kami sebagai orang tua juga tetap harus mengingatkannya karena apabila terlewat satu hari maka dia akan mengulangi kesalahannya lagi.

Dokumentasi Aktivitas Hari Ini



Eva N.-Regional Karawang


#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-6

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Post a Comment for "Melatih Kemandirian Anak dengan Mengatur Waktu Bermain"