Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komunikasi Produktif Hari Ke - 1

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah setelah lama libur hari raya kini dan melewati zona 1, kini kembali masuk ke zona 2 yang tentunya dengan materi yang lebih menarik. Kali ini kami belajar tentang komunikasi produktif. Kami didampingi oleh fasilitator Mba Hamidah Rina Mantiri. Pada kesempatan kali ini kami ditantang untuk praktik mengasah komunikasi produktif bersama orang dewasa dan anak anak. Hari satu sampai dengan tujuh berlatih dengan orang dewasa, kemudian hari ke delapan sampai 14 berlatih dengan anak.

Partner berlatih komunikasi produktif hari ini

Partner yang saya pilih hari ini adalah orang terdekat dengan saya yakni suami tercinta.

Poin komunikasi produktif yang saya latih hari ini

Hari ini saya mulai sadar dan lebih hati-hati dalam berkomunikasi baik dengan pasangan maupun anak. Saat berkomunikasi dengan suami kami sama-sama pada keadaan ego state dewasa. Dimana masing masing sudah dewasa dan mengerti cara berkomunikasi dengan baik. Namun sering juga terdapat kesalahpahaman karena ternyata setelah saya rasakan dan pahami ada beberapa poin dalam komunikasi produktif yang tidak kami terapkan. Kali ini saya coba mempraktikkan poin clear and clarified. Ketika ada permintaan suami yang saya lupa kerjakan maka saya coba mengklarifikasi dan menjelaskan dengan tenang kenapa tugas tersebut belum saya selesaikan. Alhamdulillah suami memahaminya dan meminta saya untuk mengerjakan tugas tersebut. Dia pun mengambil peran untuk menjaga si kecil ketika saya menyelesaikan tugas tersebut.

Kesimpulan dari hasil latihan hari ini

Dari latihan komunikasi produktif hari ini saya belajar bahwa ketika saya mencoba untuk menjelaskan sesuatu dengan jelas dan bahasa yang tenang tanpa emosi ternyata dapat diterima dengan baik pula oleh suami. Hal yang ingin saya perbaiki untuk latihan besok adalah dalam hal eye contact karena kami lebih sering berbicara dengan satu sama lain masih sibuk dengan pekerjaan masing masing jadi terkadang pesan yang ingin kami sampaikan salah penerimaan. Semoga setiap harinya kami bisa menjadi keluarga yang lebih baik dalam berkomunikasi sehingga anak anak pun dapat tumbuh dengan cara asuh yang tepat. Aamiin.

Eva N. - Regional Karawang

#tantanganzona2
#harike-1
#bundasayang8
#institutibuprofesional
#ibuprofesionaluntukindonesia
#bersinergijadiinspirasi
#ip4id2023

Post a Comment for "Komunikasi Produktif Hari Ke - 1"