Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiket Murah "Baden Württemberg"

Tiket Murah Keliling Jerman

Hallo sahabat Ruang Tumbuh, kali ini saya akan berbagi sedikit tentang tiket BW yang murah meriah. Jadi ceritanya hari ini genap 20 hari saya berada di Jerman khususnya di negara bagian Baden Württemberg. Sedikit demi sedikit saya mulai memperluas jaringan, alias cari teman buat jalan. Karena bulan ini saya belum masuk kursus jadi masih punya banyak waktu luang. Saya memutuskan malam ini untuk menginap di rumah seorang teman. Namanya kak Widha, alumni Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2008. Saya mengenalnya dari seorang teman juga. Lewat jejaring sosial facebook kami berkenalan dan saling bertukar nomor handphone. Dia sudah tinggal di Jerman sejak bulan Desember 2013. Setelah saya mengajukan tawaran untuk jalan-jalan ia segera membuat rencana perjalanan. Tanggal 25-27 April 2014 adalah rencana perjalanan kami yang pertama. Kota tujuan kami dalam perjalanan kali ini adalah Ludwigsburg, Heilbronn, Heidelberg, Mannheim.

Aku dan kak Widha

Setelah makan malam pada hari Jumat, 25 April 2014 saya berpamitan dengan keluarga angkat saya di Jerman. Malam ini saya ingin bermalam di tempat kak Widha, Stuttgart. Malam itu saya sampai di Stuttgart kira-kira jam 23.00. Kak Widha yang menjemput saya datang agak terlambat karena masih harus menunggu S-Bahn. Saya duduk  sendirian di pinggir kereta. Sepi dan dingin, perasaan takut sempat menghampiri meski sesaat. Sekitar sepuluh menit menunggu akhirnya kak Widha datang. Dia pun menyambut dengan senyuman hangatnya. Meski baru pertama kali bertemu dan berkenalan tetapi rasanya sudah tidak asing lagi. Rasa bahagia dan nyaman segera terbangun, mungkin karena kami sama-sama berasal dari Indonesia. Jadi kami merasa nyaman satu sama lain. Dari stasiun menuju rumah kak Widha sekitar sepuluh menit. Setelah sampai rumah perut sudah keroncongan. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat mie instan "Indomie". Sambil makan kami mulai mebicarakan rencana besok pagi. Saat iku saya benar-benar merasa bahagia. Malam itu serasa di Indonesia. Mie instan Indomie, ngobrol bahasa Indonesia dan ditambah lagi musik berbahasa Indonesia yang sengaja kak Widha putar di kamarnya, benar-benar komplit. Sederhana tapi menentramkan, tanpa terasa waktu sudah menunjukkan lewat tengah malam. Kami pun segera bergegas sholat dan tidur karena besok perjalanan masih akan dimulai.

Harga Tiket Baden Württemberg (BW)

Untuk perjalanan kali ini kami menggunakan tiket Baden Württemberg (BW). Dengan tiket ini kami bisa keliling ke semua kota yang ada di Baden Württemberg menggunakan jasa angkutan yang dikelola Die Bahn (IRE, RE, RB, S-Bahn). Kita bisa menggunakan tiket ini mulai dari pukul 00.00-03.00 esok dini harinya (pada hari Sabtu dan Minggu). Jika hari Senin-Jumat tiket ini bisa digunakan mulai pukul 09.00-03.00 esok dini harinya. Tarif untuk pemakaian satu orang (Einzelticket) adalah 23 Euro, sedangkan untuk orang kedua dan seterusnya tinggal menambahkan 4 Euro per orangnya. Karena kami hanya berdua maka kami cukup membayar 27 Euro. Perjalanan bisa lebih hemat karena 27 Euro dibagi dua ;). Kami menyebutnya ini tiket ajaib karena sangat murah untuk jalan-jalan ke semua wilayah negara bagian Baden Württemberg. Kalau diumpamakan di Indonesia seperti bisa keliling seluruh wilayah Jawa Barat dalam sehari gitu ya, dengan satu tiket ini. Eits, tapi tidak berlaku untuk naik kereta super cepat Jerman IC atau ICE ya 😁. Tiket ini cocok sekali buat kalian yang ingin memaksimalkan jalan-jalan seharian.

Tiket BW Pertamaku

Info kota-kota yang saya kunjung bisa kalian baca di judul selanjutnya (Ludwigsburg, Heilbronn, Heidelberg, Mannheim, Karlsruhe, Speyer). 😉