Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keripik Kulit Kentang Kaya Manfaat

Olahan Kulit Kentang

    Assalamualaikum food lovers. Beberapa hari ini saya senang sekali membuat olahan dari kulit buah dan sayuran, salah satunya kulit kentang. Banyak yang bertanya enak ga? Aman ga? Gimana cara ngolahnya? Kita bahas satu-satu dulu ya. Jadi kulit kentang ini ternyata enak juga lho dibuat keripik. Apalagi setelah ditaburi bumbu balado atau jagung manis. Rasanya ga kalah dengan jajanan di toko-toko. Banyak juga para chef ternama ketika mengolah kentang juga tidak dikupas lho teman-teman, cukup dicuci dengan bersih saja maka kentang bisa dinikmati bersama kulitnya.

    Nah, selain rasanya yang enak ternyata kulit kentang ini juga memiliki banyak manfaat lho teman-teman. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Widyastuti dan Kunsah (2017) menjelaskan bahwa pada kulit kentang terdapat kuerestin, antioksidan, serta golongan flanovid yang berfungsi sebagai akseptor radikal bebas. Radikal bebas ini merupakan molekul reaktif pemicu terjadinya penyakit jantung dan kanker. Bagaimana, masih ragu buat konsumsi kulit kentang? Udah rasanya enak, ternyata manfaatnya juga banyak untuk kesehatan.

    Jadi kulit kentang ini aman banget ya buat dimakan, asalkan diolah dengan cara yang tepat. InsyaAllah ga akan keracunan juga. Saya dan keluarga sudah membuktikannya. Alhamdulillah tidak ada efek sampingnya. Nah berikut resep saya dalam mengolah keripik kulit kentang ini ya.

Keripik Kulit Kentang

Bahan:

- Kulit kentang dari 4 buah kentang (kupas memanjang)

- 1 sdt garam

- 50 ml kapur sirih

- 100 ml mineral

Bahan adonan tepung:

- 4 sdm tepung terigu

- 1 sdm tepung maizena

- 2 sdm tepung terigu

- air mineral secukupnya

Bumbu tabur:

- bumbu rasa balado atau jagung bakar (sesuai selera)


Langkah:

1. Pertama cuci bersih kentang dan kupas kentang memanjang agar kulit yang dihasilkan panjang. Jadi usahakan tidak terputus ketika mengupas.

2. Rendam kulit kentang ke dalam air garam selama 20 menit, kemudian ke dalam air kapur sirih selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih dan tiriskan.

3. Siapkan bumbu adonan kemudian masukkan kulit kentang ke dalamnya. Panaskan minyak kemudian goreng. Angkat ketika sudah kecoklatan.

4. Saat sudah dingin bisa taburkan bubuk balado atau jagung bakar sesuai selera. Keripik kulit kentang siap dinikmati.

Sumber:

Widyastuti, Rahma., Kunsah, Baterun. 2017. Bioaktivitas Kulit Kentang (Solanum tuberosum L.) terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin secara In Vivo. Jurnal Labora Medika, Vol.1, No.2, p.30-33.

Post a Comment for "Keripik Kulit Kentang Kaya Manfaat"