Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Buang Kulit Buah Nagamu

Segudang Manfaat Kulit Buah Naga 

Assalamualaikum

   Apa kabar food lovers semua? Semoga sehat selalu ya, apalagi udah masuk musim penghujan ini. Harus tetap jaga kesehatan ya. Nah, kebetulan banget nih kali ini saya akan membahas tentang olahan dari kulit buah naga yang kaya akan manfaat. Selama ini di rumah saya kulit buah naga hanya menjadi limbah rumah tangga. Kebetulan pas ada tema memasak setiap bagian dari cookpad jadi tertarik untuk mengolahnya. Setelah membaca beberapa penelitian ternyata kulit buah naga ini mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah, diantaranya karbohidrat, lemak, protein, dan serat pangan. Serat pangan sendiri manfaatnya bagi kesehatan yakni mengontrol kegemukan, mengurangi resiko diabetes, mencegah gangguan gastrointestinal (masalah lambung dan usus), serta mampu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah (Hatuwe, 2020)*.

     Nah, melihat manfaatnya yang begitu banyak saya jadi tergiur deh buat mengolah kulit buah naga. Dengan modal sembilan ribu saya mendapat satu buah naga yang siap dimakan buahnya dan kulitnya disulap menjadi dua olahan sekaligus. Olahan pertama saya membuat Jelly Drink Kulit Buah Naga dan olahan kedua saya membuat Sirup Kulit Buah Naga. Berikut resep dari olahan tersebut.

Jelly Drink Kulit Buah Naga

Bahan:

- Kulit buah naga dari 1 buah ukuran sedang

- 200 gram gula pasir

- 1 sachet agar-agar plain

- 800 ml air mineral

- susu cair full cream secukupnya


Langkah:

1. Pertama buang sisik kulit buah naga yang berwarna hijau, kemudian cuci bersih dan tiriskan.

2. Selanjutnya rebus kulit buah naga tersebut dengan 800 ml air hingga warnanya berubah menjadi kemerahan. Rebus selama 15 menit hingga air menyusut menjadi 700 ml kemudian angkat dan sisihkan kulit buah naga untuk olahan lainnya.

3. Selanjutnya masukkan gula dan bubuk agar-agar ke dalam air rebusan kulit buah naga tersebut. Aduk rata sampai mendidih kemudian matikan api.

4. Tuang adonan tersebut ke dalam cetakan dan biarkan sampai set.

5. Setelah adonan set bisa diiris tipis-tipis dan masukkan ke dalam gelas. Tuang susu dan tambahkan es batu. Olahan jelly drink kulit buah naga siap dinikmati.

Sumber:

*Hatuwe, Munjirin. 2020. Pemanfaatan Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) sebagai Bahan Baku dalam Pembuatan Selai. Ambon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Untuk olahan kedua bisa dilihat pada link berikut Sirup Kulit Buah Naga

17 comments for "Jangan Buang Kulit Buah Nagamu"

  1. Wah selama ini aku langsung buang aja, makasih infonya mba 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama Mba Via. Aku awalnya juga gitu. Pas udah tahu langsung deh nyobain bikin 😁

      Delete
  2. Makasih infonya mbak, kapan-kapan bisa saya coba resepnya. Kebetulan saya suka buah naga dan selama ini kulitnya dibuang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, boleh banget dicoba kak. Cara buatnya juga mudah.

      Delete
  3. Gampang ternyata ya bikinnya. Anakku sering ngemil buah naga, dan kulitnya maen buang aja, eh taunya masih bisa diolah, banyak kandungan nutrisi pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba. Bisa buat bermacam-macam olahan juga ini kulitnya.

      Delete
  4. Ide bagus ini buat camilan atau dessert. Apalagi buah naga banyak manfaatnya. Terima kasih resepnya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mba. Kalau punya dalam jumlah besar bisa juga buat ide bisnis mba.

      Delete
  5. Ternyata kulit buah naga pun banyak manfaatnya ya. Baru tahu saya kalau bisa dijadikan jelly drink. Terbayang segarnya jika diminum dingin-dingin dan tentunya banyak nutrisinya lagi. Mudah-mudahan bisa segera praktek untuk dinikmati bareng keluarga :) Makasi Mbak..

    ReplyDelete
  6. Ah baru tahu kulit si merah bisa jadi jelly, kebayag sih kulit buah naga itu kan tebal sayang kalau dibuang gitu aja.
    Ada benarnya dimanfaatkan jely hehe

    ReplyDelete
  7. Oh ternyata kulit buah naga punya manfaat & fungsi tersendiri yaa.. bagus utk kesehatan..

    Terimakasih ya informasinya, smoga nisa sya coba entat tips nya

    ReplyDelete
  8. Waaa...bahkan kulit dari buah naga ini bisa dimanfaatkan untuk membuat minuman segar "Jelly Drink Kulit Buah Naga". Ini so yummmiii... ya..

    ReplyDelete
  9. Nice info kak! Baru tau kalau ternyata kulit naga ada manfaatnya apalagi banyak manfaatnya yaa ternyata. Thanks ka resepnya

    ReplyDelete
  10. Wah, boleh dicoba nihhhhh. Kebetulan di rumah selalu ada kulita buah naga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung coba kak. Kalau banyak bisa juga buat ide bisnis nih 😁

      Delete
  11. Wahh baru tahu bisa dimanfaatkan .. masya Allah pengen cobaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Sayang kan ya kalau dibuang percuma. Coba kak lain kali kalau ada waktu 😀

      Delete