Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kue Pukis lembut, Tanpa Mixer Anti Gagal!

Aneka jajanan

Assalamu'alaikum food lovers. Setelah banyak membahas aneka masakan sekarang waktunya kita untuk jalan-jalan ke resep jajanan alias cemilan. Resep yang akan saya bagikan kali ini yakni kue Pukis. Biar bisa makan banyak kita buat sendiri aja ya. Cara buatnya gampang, tidak perlu mixer. Tinggal diaduk-aduk saja, jadi deh.


Kue Pukis


Lama memasak : 90 menit

Menu untuk : 6-7 orang


Bahan:

- 500 gram tepung terigu (me: cakra)

- 4 butir telur

- 125 gram mentega

- 2 sachet santan kara (@65ml)

- 500 ml air mineral

- 1/2 sachet fermipan

- 300 gram gula pasir

- 1 sdt garam

- Vanili secukupnya


Langkah:

1. Pertama lelehkan mentega bersama dengan santan dan air mineral. Ketika sudah meleleh semua matikan api dan biarkan hingga dingin.

2. Selanjutnya campur gula, garam, vanili, telur, dan fermipan menjadi satu. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata.

3. Sembari itu masukkan juga cairan mentega dan santan yang sudah dingin. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diratakan adonannya. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang belum lembut.

4. Setelah adonan halus biarkan mengembang kurang lebih satu jam.

5. Setelah mengembang adonan siap dicetak. Selanjutnya panaskan cetakan dan oleskan mentega supaya tidak lengket. Setelah itu adonan siap dicetak. Ketika menuang adonan jangan terlalu penuh karena nanti pukis akan mengembang.

6. Jika suka toping bisa tambahkan meses. Setelah adonan keset dan tidak lengket bisa diangkat. Pastikan baliknya juga sudah kecoklatan. Selamat mencoba.



Post a Comment for "Kue Pukis lembut, Tanpa Mixer Anti Gagal!"