Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Olahan Ubi Ungu

Hallo food lovers, masih berkutat dengan persiapan puasa nih. Biar menunya ga bosen gitu-gitu aja. Yuk kumpulin menu favoritmu dan masukkan dalam list masakan. Kali ini saya akan membagi resep olahan dari ubi ungu. Yuk simak resep berikut.



1. Bahan Biji Salak:

  - 500 gram ubi ungu

  - 150 gram tepung tapioka 

2. Bahan air gula:

  - 200 gram gula pasir 

  - 1 sdm vanili cair 

  - 1 lembar daun pandan

  - 600 ml air mineral

3. Bahan kuah santan:

  - 1 sachet santan kara 

  - 300 ml air mineral

  - 1 sdt garam

  - 1 sdm tepung beras

  - 1 lembar daun pandan


Langkah:

1. Langkah pembuatan biji salak: Kupas dan cuci bersih ubi ungu. setelah itu rebus sampai empuk. Setelah empuk angkat dan haluskan ubi ungu. Jika sudah halus campur dengan tepung tapioka dan uleni sampai halus. Setelah adonan kalis bentuk sesuai selera.

2. Tips: sembari mencetak ubi jangan lupa sambil merebus air. Setelah air mendidih masukkan adonan biji salak satu persatu. Ketika biji salak sudah mengapung tandanya sudah matang, maka segera angkat dan tiriskan.

3. Langkah pembuatan larutan Gula: Campurkan gula, air, vanili, dan daun pandan, kemudian aduk sampai rata dan gula hancur. Setelah itu masukkan biji salak yang sudah ditiriskan tadi. Aduk kemudian angkat setelah mendidih.

4. Langkah pembuatan kuah santan: Campurkan santan kara dengan air, garam, dan daun pandan kemudian aduk sampai mendidih. Setelah itu masukkan tepung beras dan aduk sampai sedikit mengental. Setelah tepung terigu tercampur rata matikan api dan kolak biji salak siap dihidangkan 😀

Post a Comment for "Kolak Biji Salak Ubi Ungu"